Gie(2005)

  • 0


Setelah pada beberapa postingan sebelumnya saya sempat memposting satu lagu soundtrack film Gie, dalam postingan ini saya ingin sedikit menyajikan review tentang film penyabet penghargaan film bioskop terbaik FFI yang memang patut diancungi jempol ini.

Soe Hok Gie, atau lebih dikenal dengan Gie bukanlah seorang pemuda Indonesia dan mahasiswa UI biasa. Pemuda pencinta alam dan aktivis Indonesia di era 60an ini memberikan sumbangsih yang besar bagi negeri ini melalui idealisme dan aksi-aksi kemahasiswaannya. Nah kisah hidup Gie yang cenderung singkat ini(26 tahun) dikemas secara apik oleh Riri Riza dalam film yang berdurasi lebih dari 120 menit ini. Film ini sendiri sebenarnya diangkat dari Catatan Seorang Demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie sendiri di masa hidupnya. Kisah hidup Gie sejak remaja hingga ajalnya menjemput diceritakan dalam film ini. Di dalam film ini pun quote-quote Gie yang diperankan oleh Nicholas Saputra disajikan sesuai dengan sikon ketika Gie menulis quote-quote tersebut.

Beberapa diantaranya:
"Bagiku sendiri, politik adalah barang yang paling kotor, lumpur-lumpur yang kotor, Tapi suatu saat di mana kita tidak dapat menghindari diri lagi, maka terjunlah."
"Seorang filsuf Yunani pernah menulis : nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah mereka yang mati muda"
Nah, berhubung video full-movienya ga bisa diembed(bukan karena saya ga bisa nge-embed y, tpi emang bener-bener ga boleh diembed haha) jadi saya cuma bisa bagi linknya aja nih di youtube. Filmnya tebagi jadi 18 parts kalo ga salah nah link ini adalah part pertamanya. Selamat menonton! :D




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar